Siswa SMPN 1 Toboali Berhasil Lolos Menjadi Finalis KOPSI 2019

Olimpiade Pelitian Siswa Indonesia merupakan ajang penelitian pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sederajat guna mempersiapkan peserta didik untuk membangun Indonesia melalui gagasan terbaru dan berkelanjutan. Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2019 ini diselenggarakan dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berkarakter kreatif dan inovatif. KOPSI berfokus pada penumbuhan karakter ilmiah melalui kegiatan kompetisi dalam rangka mengembangkan kemerdekaan berpikir siswa - siswi untuk belajar meneliti. Ide-ide dalam penelitian dapat digali dari berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar peserta didik.

Tepat pada tanggal 26 - 30 November 2019 siswa SMPN 1 Toboali Rafsan Bayhaqqi  berhasil lolos menjadi Finalis OPSI 2019, prestasi yang diraih oleh siswa SMPN 1 Toboali yaitu menjadi Finalis OPSI Tingkat Nasional dibidang Tehnologi Rekayasa mewakili Provinsi Kep. Bangka Belitung yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemendikbud. Waktu yang singkat perlengkapan yang sederhana dan tempat seadanya menghasilkan karya yang terbaik diajang kompetisi OPSI 2019. Keterbatasan waktu yang menghalangi langkah untuk mengukir prestasi. Siswa yang mewakili OPSI 2019 yaitu Rafsan Bayhaqqi siswa kelas VIII dibawah bimbingan pembina OPSI SMPN 1 Toboali Ibu Eka Indirawati,S.Pd.

Makmun, S.Pd.PKn selaku kepala sekolah SMPN 1 Toboali mengapresiasikan sebesar-besarnya kepada siswa kita yang telah berhasil menjadi Finalis OPSI 2019. Kemauan dan semangat untuk mengikuti kompetisi OPSI tahun ini, membuat hasil karya mereka menjadi angin segar bagi SMPN 1 Toboali. KOPSI bisa menjadi wadah bagi para siswa - siswi yang ingin mengembangkan potensi para calon peneliti muda di Indonesia dalam Dunia Pendidikan. Adapun upaya tersebut dapat diperkaya dengan berbagai program yang dapat menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap ilmu pengetahuan. KOPSI juga merupakan wadah para siswa untuk mengaktualisasikan bakat, minat, dan mengasah kemampuan mereka meneliti, berinovasi, berkreasi serta menghidupkan api semangat dan kebiasaan meneliti di sekolah.

Trending Posts