JAMBORE DAERAH IV 2022

Pendidikan kepramukaan merupakan suatu proses pembentukan karakter yaitu kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia pramuka, melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Selain itu pramuka merupakan proses pendidikan yang praktis di luar sekolah dan keluarga. Kegitan yang dilakukan di alam terbuka adalah dalam bentuk yang menarik, menantang, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah melalui penerapan PDMPK (Pelatihan Dasar Mahir Pendidikan Kepramukaan), agar terbentuk kepribadian dari watak yang mulia, mandiri, peduli dan cinta tanah air.

Kegiatan terbesar di alam terbuka yang sangat menarik dan selalu di tunggu-tunggu oleh para anggota pramuka khususnya pramuka penggalang adalah JAMBORE.  Salah satunya adalah JAMBORE DAERAH IV 2022 yang di ikuti oleh Pramuka Penggalang se-Kwarda Kep. Bangka Belitung yang tergabung dalam satu kontingen cabang, dan dipimpin oleh pimpinan kontingen serta di dampingi oleh masing-masing pembina pendamping regu di mana setiap regu terdiri dari 8 putra dan 8 putri. Kegiatan JAMBORE DAERAH IV 2022 yang diselenggarakan selama 5 hari oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung dari Tanggal 21 – 25 Maret 2022 di Buper Depati Amir Jl. Balun Ijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka dengan mengusung tema “BEMASKER” (Berkarakter, Minial, Asyik dan Keren) dan berlogokan SI AMER (Ayam Merawang).  pramuka penggalang adalah kegiatan rekreatif – edukatif dalam bentuk perkemahan besar, sebagai sarana pembinaan penggalang yang menitik beratkan pada pengembangan diri peserta meliputi bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial individu serta kemasyarakatan.  

Dalam kegiatan Jambore Daerah IV ini tercatat ada 20 peserta utusan dari SMP Negeri 1 Toboali menjadi perwakilan yang ikut dalam kegiatan besar ini yang terdiri dari 16 perwakilan peserta didik (8 Putra dan 8 Putri)  Yaitu : Abdee Gandhi Ramdoni, Zildan Agustama, Javi Faris, Charles Ivan Trisna, Hakkam Barkhiya, Ansel Dwi Nugraha, Rhido, Ericko Febrian, Wulan Nurmala, Nobela Auselia, Jelen Evertin, Decha Alysia, Nadirah, Zahra Alfan Nurlina, Andin Iftisa, Naveny Fanurimasari. Peserta didik ini merupakan perwakilan sekolah yang terpilih melalui seleksi secara terbuka oleh Kakak Suharyanto, S.Pd dan Kakak Anita Oktarina, A.Md. Kom selaku Pendamping serta Bapak Syam Nurhadi, S.Pd dan Ibu Karisma Dewi, S.Pd selaku Pembina Satuan. Alhamdulillah salah satu peserta kita yang bernama Abdee Gandhi Ramdoni dipilih menjadi petugas upacara pembukaan JAMBORE DAERAH IV 2022.

Bapak Makmun, S.Pd. PKn selaku Kepala Sekolah sekaligus sebagai Kamabigus SMP Negeri 1 Toboali turut mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dalam mengoptimalkan potensi peserta didik di SMP Negeri 1 Toboali.

Kegiatan JAMBORE DAERAH IV 2022 berdasarakan tema kegiatan “BEMASKER” yakni Berkarakter, Minial, Asyik dan Keren ini mewarnai setiap kemasan kegiatan pendukung lima area pengembangan adik-adik peserta yang terdiri dari Area Pengembangan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik. Dengan adanya JAMBORE DAERAH IV 2022  diharapkan kegiatan ini akan lebih berkesan, bermakna dan bermanfaat bagi adik-adik pesertanya.  

Trending Posts